5 Hal Yang Wajib Dilakukan Agar Buku Kamu Terbit di Penerbit Major

Hallo apa kabar? Mudah-mudahan kamu yang baca tulisan ini dalam keadaan sehat dan bahagia. Aamiin.

Okay, saya akan memaparkan 5 Hal yang bisa kamu lakukan supaya buku kamu bisa terbit di penerbit major.

Mungkin kamu lagi bertanya-tanya dalam hati seperti ini contohnya;

"Kenapa juga saya harus buat buku?"

"Kenapa harus diterbitin di penerbit major, emang untuk buat saya?"

Baiklah. Let me explain you yaa. Hehe.

Jelas banget kamu harus buat buku karena dengan buku kamu bisa menginspirasi banyak orang, dari Sabang sampai Marauke. Ga percaya? Okay, mari kita tengok Penulis Best Seller (Raditya Dika, Dee Lestari, Andrea Hirata dan Tere Liye). Dari Penulis Best Seller di atas, saya akan menarik satu contoh yaitu; Andrea Hirata. Beberapa tahun lalu beliau menulis buku Laskar Pelangi, berhasil menjadi Best Seller bahkan diterjemahkan dalam beberapa bahasa dan difilmkan, dahsyatnya film ini masuk jajaran film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Keren gak?. Berkat buku dan filmnya, beliau berhasil mempromosikan Pulau Belitung dan sekarang kalau kamu ke Pulau Belitung pasti Tour Guide nya akan sering menyebut nama Andrea Hirata sepanjang perjalanan. See? Berkat menulis Andrea Hirata bisa dikenal dunia.

Buku Andrea Hirata juga diterbitkan oleh penerbit major, olehkarena itu beliau ga perlu capek-capek harus promosi sana sini sendirian, karena penerbit major pasti punya marketing yang memang handal di bidangnya.

Gimana? Sudah tahu kan betapa pentingnya menulis dan menerbitkan buki di penerbit major. Hehe

Iya, iya. Saya tahu kamu sudah gak sabar untuk tahu 5 hal supaya buku kamu terbit di penerbit major.

Baiklah. Saya akan menjabarkannya demi kamu, iya kamu, kamu yang sudah menyediakan waktu untuk baca tulisan ini. 

5 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Agar Buku Kamu Terbit di Penerbit Major;

1. Banyak Baca

Sengaja saya taruh di point pertama yaitu banyak baca. Kenapa? Yaa, karena kalau kamu ga banyak baca dari mana kamu dapat ide kata-kata yang bagus ketika menulis?

Saya inget banget ketika baca novel Rindu karya Tere Liye. Salah satu tokohnya adalah penulis lalu berbicara seperti ini;

"Untuk menulis satu kalimat, saya perlu membaca satu buku. Bisa dibayangkan saya perlu membaca banyak buku untuk bisa menulis satu buku."

See? Ini ngaruh banget. Kalau kamu mengalami ke-buntuan ketika menulis lenih baik kamu pergi ke perpustakaan atau toko buku yaa 😊
2. Banyak Nonton Film

Harus nonton film juga? Iyah dong, karena ketika nonton film kamu bisa dapet ide untuk menulis. Bahkan dalam film banyak sekali kata-kata indah yang terlontar dari lakon sang aktris dan aktor, tapi jangan lupa abis nonton film tulis reviewnya yaa. 

Saya punya temen yang dari dulu sampai sekarang kerjaannya adalah nonton drama Korea, bahkan dia rela telat beberapa menit masuk kelas demi nonton Drama Korea. Haha sintang kan?! Tapi itu semua berbuah hasil, tahun ini (2016) dia berhasil menelurkan buku fiksi. Gokil ya? Hehe.

3. Konsisten

Ini mah kudu dan wajib. Kamu harus konsisten menulis, biar tulisan kamu enak dibaca.

Kalau dalam buku ON karya Jamil Azzaini. Beliau bilang kalau kita perlu 21 hari berturut-turut melakukan sesuatu agar bisa menjadi kebiasaan. Nah, sekarang kamu coba menulis dua lembar selama 21 Hari. Berani? Buktikan! 😉

4. Gabung di Komunitas

Gabung di komunitas akan membuat kamu bertemu dengan orang-orang yang mempunyai hobi sama dengan kamu. Misalnya, kamu bisa bergabung sama komunitas menulis (@oneweekonepaper, @kancutkeblenger @simfonyaksara dll), komunitas membaca (goodreads.com, ruang aksara, #TebarVirusLiterasi dll) atau komunitas pecinta film (@kopfi_id dll).

Oiya, kamu bisa gabung juga di komunitas yang sesuai dengan tulisan yang kamu akan tulis. Misalnya, kamu menulis novel. Kamu bisa gabung di komunitas +Komunitas Fiksimini jika menulis tentang bisnis, bergabung ke komunitas bisnis. Biasanya para komunitas ini sering sekali mengadakan gathering ataupun meet up.

Semakin banyak komunitas yang kamu ikuti akan semakin banyak relasi dan pastinya kamu akan terpacu untuk menulis dan menerbitkanya. Hehe.

5. Find your mentor

Nah, yang terakhir ini yang harus kamu temukan segera. Kenapa? Karena mentor ini yang nantinya bakal ngingetin kamu untuk tetap konsisten dalam menulis, mentor ini juga yang bakal nge-cek tulisan kamu dan pastinya yang paling rajin ngasih saran dan kritik. Ini bagian yang paling susah, tetapi tanpa point ke-lima ini akan sulit untuk konsisten menulis apalagi tembus ke penerbit major.

Tenang, saya akan kasih kamu solusi. Saya punya temen namanya Brili Agung (twitter.com/BriliAgung) dia memang mempunyai cita-cita untuk bisa menjadi gurunya para penulis. Beberapa temen saya yang mengikuti kelasnya, akhirnya bisa menerbitkan buku di Elexmedia dan Best Seller di salah satu Gramedia. Nah, kebetulan nanti tanggal 1 November dia buka kelas baru, yang di- organize oleh instagram.com/inspiratoracd tapi sayangnya HANYA untuk 30 orang dan sekarang slotnya sudah tinggal beberapa saja. Jadi, saya sarankan kamu harus segera ambil slot yang masih tersedia ya.

Oiya, kamu bisa langsung hubungi saya jika berkenan ambil slot untuk kelas November atau tanya-tanya untuk kelas November. Kamu bisa kontak saya ke 085212627272 atau via email (infodiahsally@gmail.com).

By the way, kelas ini bisa diikuti sama kamu yang berada di berbagai penjuru kota atau bahkan negara, karena sistem belajarnya online.

Aduh, saya barusan ngebayangin. Kalau kamu ambil sisa slot yang tersedia kamu bakal menginspirasi seluruh dunia lewat tulisan dan 30 HARI NASKAH KAMU JADI! 😱. Iyaa, itu janji sang mentor (twitter.com/BriliAgung) tapi pastinya kamu harus ikit aturan beliau yaa. Dan kamu juga nanti akan ngobrol langsung dengan editor Elexmedia serta berkunjung ke kantornya, selain itu kamu juga akan mendapatkan E-book Creative Writing. Saya jadi gak sabaran ngeliat buku kamu bertengger di rak Gramedia. Hehe

Ciee yang sebentar lagi mau menelurkan buku, akhirnya kamu bisa jadi penulis buku, bukan hanya penulis skripsi. Haha.

Udah ga usah banyak mikir, langsung buktiin kalo kamu berani menulis dan menerbitkan buku! Ambil HP, kirim saya text "Saya berani ikut pelatihan menulis dan siap menerbitkan buku" dan jangan lupa kirim text nya ke no saya 085212627272 atau via email (infodiahsally@gmail.com).


Berani? Buktikan dong! 😉



20 comments:

  1. Nulis buku? Aduh, masih berat bagiku Mba...!! Heheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Joy :)

      Gak berat kalo sudah tau apa yang mau ditulis, tinggal buat premis yang pas dan konsisten nulis Pak hehhe

      Delete
  2. Saya udah pernah nulis buku "Bergumul dengan Sikap Positif" melalui penerbit biasa di Guepedia, semuanya sih mereka yang urus termasuk penjualannya. Setelah lebih satu bulan kayaknya gak ada yang terjual deh, tragis kan?

    Saya juga udah berusaha promosiin buku lewat blog di sidebar dan didalam postingan, hasilnya juga nihil....mungkin ini pengalaman pertama saya aja sih saat nulis buku, tapi itu akan membuat saya termotivasi utnuk menulis yang lebih baik.

    Mungkin jenis tulisan saya kurang baik, soalnya di topik pengembangan diri yang kita tau sendiri itu marketnya kurang jos..

    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, Daniel Nagata.

      Ada banyak faktor kenapa buku kita kurang laris dipasaran, mungkin mas bisa lihat kembali tulisan saya pada point 4 (gabung di komunitas) semakin banyak komunitas yang diikuti dan aktif semakin banyak relasi yang kita punya. Dan mungkin juga mas perlu mentor yang bersedia memberi komentar atas tulisan mas, sebelum diterbitkan di penerbit major.

      Salam kenal juga yaa mas :)

      Delete
  3. Menarik Mba Diah Sally,
    Saya sempat terlintas keinginan nulis buku cuma masih kurang pede gitu
    mungkin saran mba sally perlu dicoba kali ya, banyak gabung ke komunitas kali , biar bisa belajar dan tambah pede, atau mungkin seneng karena jadi punya banyak temennya.

    Anyway terima kasih ya mba tulisannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Mahrizal, salam kenal.

      Iyah pak, banyak-banyak gabung komunitas. Kalau bapak mau tanggal 3 Desember nanti, ada kumpul bareng penulis di komunitas @SimfoniAksara (Instagram & twitter) :)

      Ketemu di sana yaa pak :)

      Delete
  4. Lembaran buku nya beberapa saja yang rampung, mungkin nggak intensif nulis jadi belum kelar buku-nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sudah dapet berapa lembar mas nulis nya?

      kasih reward & punish aja mas untuk diri sendiri. coba sehari, 2 lembar dan kalau ga buat tulisan sebanyak 2 lembar berarti mas nya berhak dikasih (punish) misalnya bersihin WC gitu hohoho

      dan begitu juga sebaliknya :)

      Delete
  5. Idenya cukup bagus, semoga artikel ini memberkati banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.Dan semoga bisnis bapak djuga apat membantu banyak orang :)

      Delete
  6. mantap Sally,,, inspiratif bagi saya,,,
    and semoga juga bermanfaat bagi yang mengunjungi laman ini,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      Thank you Jaya.

      Yuk, menginspirasi lewat tulisan :)

      Delete
  7. saya baru nerbitin buku indi. Penerbit major cita-CITA besar sih. Tapi itu mentor berbayar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Dani Maulana, salam kenal ya.

      Wah selamat ya mas sudah menerbitkan buku di penerbit indi, mudah"an tahun depan bisa menerbitkan buku di penerbit besar ya mas. Aamiin.

      Jika mas berkenan teman saya bersiap menjadi mentornya, monggo langsung kontak no ini saja mas 0812627272 ^_^

      Delete
  8. SAYA SUDAH BERKUNUNG KESINI ..... BAHAGIA MELIHAT TULISAN DISINI, KONTAK LANJUT KE HAPE SAYA 081 2424 5938 ATAU KE WA SYAKHRUDDIN MAKASSAR DAPAT PULA MELAUI SYAKHRUDDIN@GMAIL.COM ..... AYO TERUS BERKARYA

    ReplyDelete
  9. Bagus artikelnya bisa dapet tambahan pengetahuan..
    jangan lupa berkunjung balik ya gais!!. adeprayogafx.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. Keren, selamat berkarya mbak..

    Salam Balik

    http://www.kobbom.com

    ReplyDelete
  11. hahaha keren mba, tipsnya
    sekarang saya juga lagi dalam pengerjaan nulis buku, dan ya point ke lima itu emang dibutuhkan walaupun optional sih hehehe

    ReplyDelete
  12. Halo Diah Sally

    apa kabar dan salam kenal

    saya juga kenal sama mas brili lewat salah satu buku karya karyanya.

    sebenarnya menulis itu dan membuat buku itu mudah kalao kita tahu ilmunya..

    mungkin buku diatas cocok buat pemula..

    salam
    Mukhofas Al-Fikri |BauBlogging

    ReplyDelete
  13. Makasih tips artikelnya mba, sangat inspiratif, smg bs nerbitin buku segera, aamiin

    ReplyDelete