Hidup Sukses Dengan To DO List ala Paula Rizzo (Book Review)

Judul: Listful Thinking
ISBN: 978-602-73215-9-5
Penerbit: Metagraf
Penulis: Paula Rizzo
Terbit: Januari 2016 (Cetakan ke-1)
Halaman: 193 halaman
Bahasa: Indonesia




Paula Rizzo adalah seorang produser program kesehatan senior, FoxNews.com, di Fox News Channel dan merupakan pendiri ListProducer.com. Pemenang Emmy Award ini mengatakan bahwa faktor kesuksesannya adalah karena dia seorang pembuat daftar yang kompulsif. Paula membuat daftar hampir untuk semua pekerjaannya dan acara-acara yang diselenggarakannya, bahkan dia membuat daftar mencari apartemen dan menumakan pakaian yang pas. Dalam situs yang dia punya yaitu ListProducer.com, ia membuat daftar untuk membantu orang bekerja secara sistematis, terfokus, efisien dan tanpa stres.


Dalam buku ini dijelaskan bahwa beberapa orang sukses di dunia ini adalah orang-orang membuat to do list, mereka membuatnya untuk memudahkan semua pekerjaan, target dan agar lebih menikmati hidup. Sejarah juga telah membuktikan bahwa para krator ulung di dunia ini adalah orang-orang yang membuat to do list, mengeceknya secara rutin dan mencentangnya setiap satu target yang telah dilakukan.

Penulis memberikan contoh beberapa daftar yang harus dibuat, tidak semua daftar yang kita buat harus sama. Dan juga Paula memberikan beberapa alasan yang logis kenapa ketika kita mau sukses harus membuat daftar. Membuat daftar adalah salah satu yang wajib dilakukan oleh Paula ketika ia menjadi seorang produser, dalam buku ini dia memberikan contoh ketika dia harus membuat daftar pertanyaan untuk wawancara, daftar pertanyaan dibuat agar acara lebih terstruktur.

Dalam buku ini juga Paula menjabarkan cara membuat to do list mulai dari kegiatan yang akan menjadi prioritas, serta ia juga memberi tahu aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat to do list pada smartphone. Dengan menggunakan to do list yang ada pada smartphone akan lebih memudahkan kita mengecek daftar apa saja yang belum kita kerjakan dimanapun kita berada.


Saya mempraktikan membuat daftar yang diajarkan Paula pada buku pada saat saya mengerjakan skripsi saya, dan voila benar apa yang ditulis oleh Paula bahwa dengan membuat to do list dapat memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan, karenanya pekerjaan dapat selesai dengan cepat, sesuai target dan memudahkan saya untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya. Tidak diragukan lagi jika Paula menulis buku ini, karena dia sendiri telah membuktikan bahwa dengan membuat to do list hidup akan lebih nikmat dan membuat kita makin bahagia. Bahkan saya pun ketagihan untuk membuat to do list pada semua pekerjaan saya, termaksud berbelanja.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam buku ini adalah menjabaran aplikasi to do list pada smartphone tetapi tidak adanya penjabaran detil mengenai penggunaannya sehingga cukup membingungkan. Selain itu juga alih bahasa yang agak membingungkan, dan penggunaan kosakata yang kurang familiar sehingga membuat (mungkin) salah dalam penafsiran, hal ini nampaknya menjadi lumrah, bagi buku luar negeri yang di alih bahasa, namun hal ini juga menyebabkan kesulitan dalam pemahaman pada buku ini. Selain itu cover buku yang kurang eye catching dan terlalu biasa. Semua segala kelemahan di atas dapat ditutupi dengan kelebihan-kelebihan buku ini yang sudah saya jabarkan di atas.




Buku ini adalah panduan bagi kamu yang ingin sukses dan hidup secara teratur. Jika selama ini kamu merasa hidup mu kurang terarah maka gunakanlah daftar dan daftar tilik agar kamu mempunyai hidup yang lebih terarah. Cukup menyontek apa yang sudah ditulis oleh Paula pada buku ini dan meniru segala daftar yang sudah dibuatnya maka kamu akan mencapai performa yang lebih produktif, sangat sukses dan tanpa tekanan. Dan buku ini akan membantu kamu masuk dalam barisan orang-orang sukses yang telah membuat waktu-aktunya menjadi lebih efektif, serta hidup lebih terorganisir.

Make your to do list now or you’ll have poor life.

Rating goodreads: 4/5


Comments

Popular posts from this blog

Menteri Favorit ala Diah Sally

Do What You Love and Love What You Do

Menertawai Hal Yang Tabu Ala Slavoj Zizek