Kuasai 3 Hal Ini, Jika Kamu Nervous Berbicara Di Depan Umum

Being Nervous isn’t bad

It just means something important is happening 

Michael Jordan -


Menurut pembicara publik yang sering sekali berbagi ilmu public speaking, mereka selalu menyampaikan bahwa nervous atau gugup adalah hal yang sangat wajar, bahkan sekalipun mereka yang sudah puluhan tahun menjadi pembiacara publik. Yang membedakan antara pembicara publik expert dan pemula adalah seorang expert mengerti mengatasi & menghadapi nervous pada diri mereka. So, disini saya selaku bukan expert akan share ilmu yang sudah pernah saya dengar dan pelajari, dan pastinya selalu saya lakukan 3 hal ini sebelum menjadi MC atau berbicara depan banyak orang.

Lets find them....

1.   Prepare your self

Banyak sekali, ketika saya menghadiri sharing acara public speaking, pertanyaan mengenai “Bagaimana caranya menghilangkan nervous sebelum berbicara di depan umum?” dan para experts pun mempunyai pertanyaan yang sangat beragam. Salah satunya adalah prepare your self well (persiapkan dirimu sebaik mungkin). Sebelum mempersiapkan diri dengan baik kamu harus tahu dulu tentang 3 hal yang harus kamu ketahui simak tulisan saya disini. Jika kamu sudah mengetahui itu semua, waktunya kamu persiapkan diri kamu dengan baik. Misalnya, jika kamu ada tawaran menjadi MC di acara client dengan tema non formal, setelah mengetahui 3 hal yang harus diketahui, kamu harus mulai menyiapkan diri dengan cara tulis apa saja yang akan kamu bicarakan secara detil, kumpulkan jokes yang sesuai dengan tema dan umur audience acara tersebut, kemudian jangan lupa dipelajari dan perbanyak latihan sebelum acara dimulai. Pada hari H kemungkinan kamu akan mengalami gejala nervous yaitu, sakit perut, gemetar dan deg-degan. Ingat itu hal yang sangat wajar. Tapi jika kamu sampai muntah dan mual itu tandanya kamu belum melakukan point pertama (prepare you self) atau bahkan kamu belum mengetahui 3 hal yang seharusnya kamu ketahui.

2. Do what you love or like

Ketika hari H kamu menjadi MC atau pembicara publik, kamu pasti akan sakit perut, gemetar dan deg-degan. Ingat itu adalah hal yang wajar! Tapi jangan sepelekan dan hadapi ke-nervous-an itu. Nervouse itu asik, dan tandanya kamu memang menganggap itu sangat serius. Tapi, please banget jangan terlalu serius, biasanya kalau udah diseriusin, trus dia minta putus. Itu bikin sakit banget, sakitnya tuh di sini (nunjuk hati).

Okay, back to the topic. Jika pas hari H kamu mengalami nervous, sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang kamu cintai dan sukai, seperti: minum air putih sebelum tampil, olahraga, atur pernafasan, makan pedas, atau lihat gosip terkini di akunnya @lambu_turah. Yang pasti lakukan sesuka hatimu yaa. Kalau saya biasanya sebelum tampil di jalan dengerin radio Jak Fm, denger lagu yang semangat banget, lagunya Katy Perry yang Roar dan biasanya saya ngaca di kamar mandi dan meyakinkan diri sendiri, kalau diri ini hebat dan istemewa, olehkarena itu client meminta bantuan saya menjadi MC karena dia yakin bahwa saya bisa membantu memeriahkan dan menyukseskan acaranya. However just do what you like, dan kalau yang kamu sukai adalah belanja, tolong ditahan dulu sampai kamu dapat ucapan ‘terima kasih’ dari client. Karena sesungguhnya berbelanja hanyalah mengurangi uang tabungan kamu, sedangkan menikah butuh modal yang sangat besar. Paham?

3. Pray

Jika kamu sudah menguasai dua hal di atas, tidak ada yang bisa kamu lakukan lagi selain, pray (berdoa) dan berserah diri kepada Tuhan. Berserah diri bukan berarti pasrah, tetapi memang ketika kita sudah melakukan semua dengan sekuat tenaga, hanya Tuhan yang dapat membantu dan menentukan hal yang kita lakukan akan berhasil atau tidak. Baiknya, di saat orang lain hanya melihat hasil akhirnya, Tuhan melihat dan mengetahui proses yang sudah kita lakukan. Biasanya saya selalu menyempatkan diri untuk berdzikir sebelum acara yang akan saya pandu dimulai. And it’s really worked, guys.

sumber: www.google.com

So, stay postive and start you're excited! Happy trying! ☺



Comments

Popular posts from this blog

Menteri Favorit ala Diah Sally

Do What You Love and Love What You Do

Menertawai Hal Yang Tabu Ala Slavoj Zizek