3 Magic Words Yang Dapat Mengubah Kehidupanmu



Di dunia ini ada banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda, apapun itu karakternya, kamu harus menjadi sebaik-baiknya manusia, yang bermanfaat untuk orang lain dan juga menjaga lisan kamu ketika berbicara. Kalau kamu sudah menonton film 13 reasonswhy kamu pasti akan lebih berhati-hati ketika berbicara, dari film tersebut membuktikan bahwa perkataan sepele apapun, bisa jadi akan menyakitkan untuk seseorang, bahkan bisa sangat berpengaruh bagi seseorang atau mungkin sebaliknya.

Saya dan kamu hidup di Indonesia dengan budaya ketimuran yang mana sopan santun masih sangat-sangat diagungkan. Tiga kata ajaib ini juga masih sering sekali digunakan, bahkan saya dan keluarga masih menggunakan kata-kata ini kepada siapa pun, baik orang itu lebih tua atau muda. 3 magic words yang sering saya terapkan dan berdampak baik bagi hidup saya adalah;

1.      Tolong

Satu kata ini, mungkin sangat sepele namun beberapa orang akan merasa dihargai ketika kamu menggunakan kata ini untuk meminta bantuan atau menyuruh seseorang. Bayangkan jika temanmu menyuruhmu membuatkan kopi karena kebetulan kamu juga sedang membuat kopi di kantor dengan kata-kata seperti ini;

Wah lagi buat kopi, buatin juga dong buat gue.

Bagaiamana, apakah kamu mau membuat kopi untuk temanmu? Bisa jadi, kamu langsung mengumpat dan bergumam, “enak aja, emang dia pikir gue babu dia apa!”.

Dan sekarang seandainya temanmu berbicara dengan sedikit sopan dengan maksud yang sama tetapi kata yang berbeda seperti,

Wah, lagi buat kopi ya. Minta tolong boleh ya sekalian buatin gue.

Bagaimana, lebih enak didengar dan kamu mungkin juga akan membuatkan kopi, karena temanmu meminta bantuan mu. Maksud yang sama tetapi dengan penggunaan kata yang berbeda. Sekarang, berapa kali kamu menggunakan kata ini dalam sehari?

Dari kecil, orang tua saya mengajarkan saya untuk mengucapkan kata ini. Bahkan sampai sekarang jika beliau ingin menyuruh saya pasti menggunakan kata ini, padahal tanpa menggunakan kata ini pun, tak mungkin saya menolak apa yang disuruh mereka kepada saya. Dan sekarang hal ini saya terapkan ke keponakan saya juga.

Jadi, kalau bos di kantor menyuruh kamu mengerjakan sesuatu, dan dia tidak menggunakan kata tolong, jangan lupa bilang “Tolongnya mana ya bos?”

2.      Maaf

Kata ajaib yang dua adalah maaf. Meminta maaf adalah hal yang paling susah dilakukan bagi orang yang gengsinya agak tinggi dan sombong, menurut mereka mengucapkan kata maaf adalah hal yang sangat langka dan pecundang. Padahal, seseorang yang meminta maaf bukan berarti dia melakukan kesalahan dan juga bukan berarti kamu kalah.

3.      Terima Kasih

Dan sampailah kita kepada kata ajaib yang terakhir, terima kasih. Dua kata yang mungkin paling sering kamu lupakan. Menurut salah satu teman saya, terima kasih artinya jika kamu terima ya kasih lagi. Jadi, kalau kamu dikasih bonus gede masa bos, kemudian kamu bilang terima kasih, nah jangan lupa setelah diterima, kasih kembali kepada yang membutuhkan. Jangan lupa juga ucapkan terima kasih jika setelah meminta bantuan atau pertolongan. Itu penting!. Sudah minta tolong dan tidak mengucap terima kasih, itu tandanya kamu orang yang tidak tau ditolong.

Tiga kata ajaib di atas, menurut kamu mungkin sangat simpel dan tidak ada artinya. Tapi bagi orang lain mungkin kata-kata itu sangat berharga. Contohnya, saya termasuk orang yang sangat kesel bin jengkel sekali jika ada yang menyuruh saya tanpa menggunakan kata tolong, saya rasa siapa pun tidak akan suka diperlakukan seperti itu, dan bukan juga saya gila hormat. Lha wong orang tua saya aja kalau menyuruh saya menggunakan kata tolong, masa kamu yang orang lain menyuruh saya seenaknya aja, emangnya saya lahir dari rahim kamu?

Jika kamu belum bisa memperbaiki perbuatanmu, silahkan perbaiki yang paling mudah namun memang sulit dijalankan, perbaiki lisanmu atau ucapanmu. Niscaya perbuatanmu pun akan semakin baik, because  you are, what you say. Jadi, sekarang kalau mau menyuruh orang silahkan gunakan kata seperti ini,


Mohon maaf sebelumnya, minta tolong carikan saya jodoh ya. Terima kasih J

No comments:

Post a Comment