Warisan yang Tak Akan Pernah Hilang

Berbicara tentang Budaya/Kearifan Lokal, berarti kita berbicara tentang adat istiadat suatu daerah. Setahun terakhir saya bergabung bersama Sobat Budaya Indonesia, komunitas yang aktif dalam pengumpulan data budaya, baik bahasa, kuliner, batik, music dll. Saya selalu kagum dengan budaya-budaya setiap daerah di Indonesia, bagaimana tidak selama ini saya, kamu dan kita pastinya tahu bahwa budaya di Indonesia itu sangat kaya sekali, namun belakangan ini kekaguman saya bertambah semenjak melihat data budaya di Indonesia pada situs www.budaya-indonesia.org  selama ini dari kita mempelajari tentang budaya dengan cara mengunjungi kota tersebut, namun sekedar berkunjung, foto-foto lalu diupload ke sosial media, tanpa mengetahui seluk beluk tentang suku, makanan, kebiasaan dll.

Mempelajari tentang budaya di Indonesia, adalah wujud akan cinta dengan tanah air, biasanya jika kita telah mempelajarinya, kita tahu bagaimana nenek moyang kita terdahulu dan meninggalkannya agar terus ada sampai kapan pun. So, tujuan kita sekarang setelah mempelajarinya adalah merawat, menjaga dan melestarikannya. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Kita sering kali kesal ketika beberapa budaya di Indonesia mulai di-klaim oleh negara lain. Beberapa waktu lagu rasa sayange, batik dan lainnya hampir terancam diambil oleh negara lain, hal itu terjadi karena kita tidak menjaga, merawat dan melestarikannya. Olehkarena itu, Sobat Budaya Indonesia hadir dengan misi mengumpulkan sejuta data budaya di Indonesia. Mendata agar tidak lagi di-klaim oleh negara asing. Jadi, kalau ada yang tanya emang Budaya Indonesia itu kaya? Iya. Terus kalau kaya mana buktinya? lihat aja situs Budaya Indonesia, semua data lengkap di sana. Belajar Budaya Indonesia gak perlu mahal, cukup baca di website Budaya Indonesia. Kalau kamu punya info menarik tentang budaya di daerah kamu, langsung cek ke situs tersebut, kalau belum tertera kamu harus masukan info tersebut ya. 

Bukan hanya itu saja, bahkan di situs Budaya Indonesia kamu bisa tahu ornamen-ornamen yang ada pada suatu daerah, misal beberapa waktu lalu tim Sobat Budaya melakukan ekspedisi guna mengetahui ornamen pada rumah adat batak, yang membuat lebih terkagum adalah bagaimana oranamen tersebut hadir sejak dulu, sedangkan founder Sobat Budaya, Bang Hokky Situngkir mengupas oranmen tersebut dari segi matematika dan science dan hasilnya sangat luar bisa. Saya hanya memberikan sedikit spoiler saja ya, kalau kamu mau tahu lebih lanjut silahkan lihat situs Budaya Indonesia atau beli buku Kode-kode Nusantara, karya Bang Hokky Situngkir di toko buku kesayangan kamu. Inget, judul bukunya Kode-kode Nusantara bukan Kode-kode terhadap gebetan atau mantan. Hahaha. 

Comments

Popular posts from this blog

Menteri Favorit ala Diah Sally

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbicara Di Depan Umum

3 Jenis Narasumber & Solusinya