It's Time to Shine, Guys.



'Rise above the crowd'

Bersinar di atas kerumunan adalah PR tersulit bagi setiap manusia. Tapi hal inilah yang membedakan bahkan membuat kita lebih diingat dari orang lain. Membuat orang lain 'ngeh' akan adanya diri kita, atau betapa hebatnya kita. Melakukan hal yang berbeda dari orang lain membuat kita lebih unggul. Untuk melakukan yang berbeda kita membutuhkan kretifitas. Jika berbicara kreatifitas, biasanya akan berhubungan dengan 'unik'.

Saya punya kenalan dulu ketika menempuh ilmu di DJ Arie School Jakarta. Kenalan saya memang mempunyai suara MC pada umumnya, namun yang membedakan adalah bagaimana dia mengeksplore rasa humoris dia, dan parahnya sekarang dia berhasil menjadi selebgram karena konten instagramnya yang lucu-lucu. Kreatif sangat.

Di zaman yang serba teknologi ini memang lebih baik menggunakan sosial media agar bisa mempromosikan apa yang kita punya, terutama expertise yang kita punya. Ada banyak sekali social media yang dapat kita gunakan untuk menaikkan personal branding kita. Pertanyaannya, media apa yang harus kita gunakan untuk mempromiskan expertise kita?

Ada banyak social media yang bisa digunakan, facebook, instagram, twitter, linked in, google plus, snapchat, youtube dll. Masing-masing punya kelebihan, namun pelajaran yang saya ambil ketika menjadi moderator youtubers ternama di Indonesia. Pada intinya, jika ingin menjadi orang yang berbeda dan lebih dikenal, silahkan beralih ke youtube. Beberapa professional yang saya lihat juga mulai beralih ke youtube.

Youtube seperti layaknya sebuah televisi. Jadi, kalau mau dapat uang dari youtube harus bergabung dengan management, layaknya management artis. Dan beberapa channel youtube yang mendapat banyak klik biasanya konten yang dihadirkan memang sangat kreatif.

Sewaktu menjadi moderator para youtubers, saya bertanya berapa biasanya uang yang datang dari sekali upload video? Dia pun menjawab, kalau youtubers lain, untuk buat iklan dalam video, atau pesanan buat youtube dengan produk yang mereka punya, harganya macam-macam, cuma yang saya tahu ada yang sampai angka ratusan juta. Kalau teman saya yang penyanyi biasa aja, satu kali klik bisa 15.000 jadi kalau viewersnya ribuan tinggal kalikan saja. Mantap kan duitnya. Saya pun membelalakan mata ketika mendengarnya.

Tetapi, menurut saya memang menjadi youtubers sangat worth it, untuk mendapatkan angka yang cukup fantastis. Karena sekarang youtube menjadi kompetitor ketat bagi televisi, bahkan apapun yang tayang di televisi kita bisa lihat keesokan harinya di youtube. To be honest, 2 tahun TV di kamar saya tidak saya nyalakan. Karena selama ini saya merasa bahwa sudah dapat banyak info dari web dan youtube. Bahkan menurut survey yang hadir akhir-akhir ini bahwasanya rating di acara televisi menurun, dan banyak yang sudah mulai beralih ke youtube.

Yuk, bangun personal branding kita lewat youtube. Yang harus segera dilakukan adalah cari apa kelebihan diri kamu, buat sesuatu yang unik lewat konten video yang unik, cari keunikan diri kamu yang tidak dipunyai orang lain, kalau sudah di upload segera share ke seluruh teman kamu dan pastinya yang terakhir kamu harus konsisten. Memang yang paling sulit, bukan meraih tapi mempertahankan. Beberapa professional yang saya temui, mereka sukses karena sampai sekarang mereka konsisten membuat video yang kreatif, sehingga karir mereka pun terbantu dengan adanya video itu.


So, let's choose the right media channel for your best career! 

No comments:

Post a Comment