Seberapa Penting Cue Card Bagi Master of Ceremony (MC)?



Sebelum membahas cue card MC lebih lanjut, alangkah baiknya jika kita menyamakan presepsi terlebih dahulu mengenai cue card. Cue card yang biasa disebut juga sebagai kartu catatan menurut wikipedia adalah kartu yang berupa catatan (susunan acara, sponsor, nama-nama pemateri atau bintang tamu) yang mana catatan ini dapat menolong seseorang yang sedang berbicara di depan umum. Dan biasanya yang menggunakan cue card adalah host atau MC.
Lalu seberapa penting cue card jika kita menjadi host atau MC? Okay, saya tidak akan menjawab pertanyaan tersebut dari sudut pandang saya sendiri, tapi saya coba menyadarkan kamu untuk melihat dari berbagai sudut pandang dan kondisi.

Tahun 2015, salah satu host senior di Amerika melalukan kesalahan yang cukup fatal. Oh tunggu, saya tidak bisa menyimpulkan itu kesalahan fatal, kecuali host senior Amerika, Steve Harvey sendiri yang menjelaskan kejadian itu kepada saya. Ketika itu Steve Harvey menjadi host Miss Universe 2015, melakukan kesalahan, entah pantas disebut kesalahan atau hanya sebuah 'gimmick' belaka, ia salah menyebutkan pemenang Miss Universe. Dan usut-usut punya usut kesalahan tersebut disebabkan karena cue card yang (agak) tidak jelas, voila! cue card yang dibuat panitia memang cukup membingungkan. Pantas saja jika host senior ini salah menyebutkan pemenang.

Kejadian sama berulang, ketika Oscar 2016. Pada saat itu, pembaca nominasi best picture menyebutkan La La Land sebagai pemenang di kategori best picture, namun setelah La La Land and crew naik ke atas panggung dan speech, ternyata ada pemberitahuan jika pemenang Oscar kategori Best Picture 2016, jatuh kepada film yang mayoritas diperankan oleh kulit hitam, Moonlight. Lagi-lagi hal itu terjadi karena cue card yang kurang jelas dan membingungkan.
Terlepas dari gimmick atau tidak, yang bisa kita ambil pelajarannya adalah bahwa cue card bagi seorang host/MC itu sangat penting, seperti buku panduan. Steve Harvey dan pembaca Oscar kategori Best Picture 2016 saja sudah memegang cue card, masih melakukan kesalahan, salah sebut dll. Maklum, manusia kan tempatnya salah dan dosa, wajar kalau salah sebut.

Cue card memang sangat penting, terutama jika kamu membawakan acara formal/MC formal. Namun, saya sering melupakan cue card, ketika saya melakukan ice breaking. Ketika melakukan ice breaking alangkah baiknya kamu memainkan gerak tubuh, olehkarena itu ice breaking sebisa mungkin, MC hafal di luar kepala. Dan pastikan juga kamu tidak memakai cue card yang ukurannya A4. Saya pernah melakukan hal ini, karena memang panitia tidak menyiapkan cue card khsusus untuk MC. And voila, saya keribetan mengurus cue card, dan audience pun agak terganggu, dengan sigap saya langsung melontarkan sedikit joke agar mengalihkan perhatian audience terhadap cue card A4 yang saya pegang.

Semenjak saat itu, ketika mendapatkan tawaran MC, saya akan bertanya apakah saya disiapkan cue card dan semenjak saat itu juga saya menyiapkan cue card sendiri agar tidak terlalu bergantung pada panitia acara.

Jadi menurut kamu seberapa penting peran cue card bagi para host/MC?



No comments:

Post a Comment