Menertawai Hal Yang Tabu Ala Slavoj Zizek

Marjin Kiri hadir sebagai publishing favorit saya di tahun 2017, bagaimana tidak penerbit buku ini selalu berhasil membuat pecinta buku ketagihan membeli karya-karya yang dilahirkannya. Tak terkecuali dengan saya. Awal membeli buku ini adalah karena saya ingin sekali melihat bagaimana seorang filsuf  terkenal dengan orang yang memiliki kerutan dahi, pemikir terpintar di dunia dan kata-kata unpredictable keluar dari mulutnya membuat joke yang pasti sangat unik dan siapa pun berkata ‘kok bisa dia buat banyolan macam itu?’

Awalnya tidak mengira akan membaca karya Oom Zizek, bahkan sebelum membaca buku ini saya sendiri tidak tahu siapa beliau? Tapi memang cara Tuhan selalu asik membuat hambaNya tertawa dan menertawai hidup. Saya pun, megambil cover buku berwarna kuning dan putih yang dengan gambar seorang pria berambut panjang di bawah telinga dan memakai bulatan merah di hidung seperti badut. Buku ini berhasil membuat saya terkadang mengernyitkan kening, menaikkan satu alis, tertawa terpingkal-pingkal, memicingkan satu mata, mengumpat dan sesekali berdoa agar Oom Zizek masuk syurga dengan selamat tanpa menyambangi neraka terlebih dahulu. Sekiranya itu adalah beberapa reaksi saya ketika membaca buku Mati Ketawa ala Slavoj Zizek.

Banyak dari warga Indonesia mumet dengan pekerjaan yang dilakukan sehingga sangat butuh sekali piknik biar ga panik, tetapi karena piknik membutuhkan modal, biasanya netizen akan mencari hiburan melalui youtube ataupun televisi. Tak heran jika hampir semua acara televisi menyelipkan banyolan, tak jarang juga dari mereka meng-hire comedian atau comic agar acara lebih menarik. Hal di atas membuktikan bahwa memang seseorang sangat butuh sekali hiburan yang lucu dan bisa menghilangkan stres dan hadirnya buku Zizek sangat memberikan angin segar bagi pemburu hiburan lucu. Mengangkat tema yang sangat tabu diperbincangkan di Indonesia membuat siapa pun yang membacanya akan berkata bahwa penulis buku ini selain lucu, pintar dia juga sangat berani.

Tema yang sangat tabu, seperti membahas agama tertentu, Tuhan, sesuatu yang vulgar bahkan beberapa politikus juga menjadi bahan banyolan Zizek dan didukung oleh latar belakangnya yang seorang filsuf, menjadikan buku ini penuh banyolan yang kreatif, lucu dan serius. Tapi saya harap kamu jangan terlalu serius, karena yang sudah-sudah diseriusin malah diputusin, ngeselin ya. Dan karena membahas hal tabu untuk ditertawakan buku ini harus diberi cap oleh penerbit khusus 21+, setidaknya kamu harus sudah mengerti banyak hal, bisa membedakan yang baik dan benar serta dewasa, walaupun kadang kedewasaan seseorang tidak dapat diukur dengan angka, sama saja seperti rasa sayang ke mantanmu dulu.

Rating goodreads.com: 3/5

Comments

  1. Ahh saya kadang stalking webnya ka sally kl bahas buku..
    ini zizek org indo?

    ReplyDelete
  2. Mungkin karena kekonyolan dan lucu nya hidup makanya banyak yang suka nulis mati ala ala ya, kenapa ga hidup penuh tawa ala ka Sally atau apa gtu 😁😁

    ReplyDelete
  3. Kak sally ni pasti dah baca banyak buku

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama bukunya, apalagi jika ditulis seorang filsuf, biasanya mereka identik dengan hal-hal yang serius.

    ReplyDelete
  5. Jadi penasaran sm buku yg lucu. Bacaan selama ini ya buku2nya Gie, Soedirman, Tan. Huhuhu :(

    ReplyDelete
  6. Comedian atau comic... Wah saya suka banget tuh. Salam lemper...

    ReplyDelete
  7. Tema dr bukunya sangat menarik. Kyanya hanya dia yg mengangkat tema bgini yaaa

    ReplyDelete
  8. Namanya, rada2 Rusia. Ini orang Indonesia kah?

    ReplyDelete
  9. wah terima kasih kak reviewnya! sepertinya bukunya menarik

    ReplyDelete
  10. Jadi penasaran sama bukunya, sepertinya menghibur

    ReplyDelete
  11. Wah ngeliat covernya aja udah lucu, pasti isinya juga menghibur :)

    ReplyDelete
  12. Sepertinya menarik, penasaran bagaimana filsuf menertawai dunia :))

    ReplyDelete
  13. Tulisannya menarik! Akhir bacaan sore yg apik. Terimakasih sudah menulis yah, Kak.

    ReplyDelete
  14. Wah, saya baru tau penulis ini. duuuh katroknya saya yaaaa hehe

    ReplyDelete
  15. Jadi penasaran selucu apa bukunya 😄

    ReplyDelete
  16. terima kasih reviewnya :)

    ReplyDelete
  17. yang begini nih yang bikin jadi kangen ke gramed 😋

    ReplyDelete
  18. Menarik, jadi penasaran pengen baca bukunya.

    ReplyDelete
  19. sedihnya.. saya bisa dibilang hampir gak pernah baca buku-buku spt ini... sering dapat or dikasih.. tapi belum dibaca.. hiks

    ReplyDelete
  20. Ada di toko buku Gramedia kah ini? Aku pun butuh buku yang bisa tertawa. :D

    ReplyDelete
  21. Sepertinya bagus, kelucuan berbagai hal dari kaca mata seorang filsuf. Jadi penasaran sama bukunya.

    ReplyDelete
  22. Bacanya perlu kriteria tertentu ga sih untuk bisa memahami apa yg disampain dr seorang filsuf...atau memang ini ceritanya dah gampang dicerna...ah penasaran juga

    ReplyDelete
  23. Bisa jadi rekomendasi buku yang harus dibeli ini.

    ReplyDelete
  24. Filsuf ketawa gimana yaa? Hehe thanks kak reviewnya.

    ReplyDelete
  25. Gue suka baca buku yg lucu, mana sini gue pinjemin :D

    ReplyDelete
  26. Secara nggak langsung udah ngasih referensi bacaan buat saya. Masuk list saya bulan depan nih Mba. Makasih ya hehe

    ReplyDelete
  27. Mumetnya org Indonesia dgn pekerjaan dibahas juga kah? Hihihii.. How to stress management bole lah...

    ReplyDelete
  28. Bukunya kaya apa ya isinya penasaran.
    www.belajaronlineshop.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menteri Favorit ala Diah Sally

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbicara Di Depan Umum

3 Jenis Narasumber & Solusinya